Pages

3

sayur gaul



gw sebut sayur gaul karena namanya sama seperti nama panggilan anak gaul jaman sekarang yang suka manggil teman-temannya dengan sapan "bro & sis" singkatan dari brother dan sister yaitu BROkoli :D

Brokoli (Brassica oleracea) adalah Bunga dari sayuran tanaman sejenis kubis-kubisan. Sayuran ini merupakan kumpulan dari kuntum bunga yang membentuk gerombolan berupa kuntum. Oleh bangsa Yunani kuno, tanaman yang berasal dari daerah timur tengah ini sudah sejak lama dibudidayakan. Dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C ini mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1970-an. Sampai saat ini brokoli sudah sangat popular sebagai bahan pangan.  tanaman ini tumbuh subur di daerah pegunungan, yang biasanya dingin itu. Di Indonesia sentra produksi brokoli antara lain di Lembang – Jawa Barat dan Batu – Malang
 
Selain vitamin, brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Zat lain yang terkandung di dalam brokoli adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flvonoid dan serat terkandung juga memperkaya kandungan nutrisi dari brokoli.

manfaat brokoli
  • Meningkatkan daya kerja otak. Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.
  • Mengatur tingkat gula darah. Kandungan chromium di dalam brokoli dapat mengatur tingkat gula darah sehingga brokoli sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.
  • Menetralkan zat penyebab kanker. Sulforaphan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Diketahui juga bahwa zat bekarotin di dalam brokoli mampu mencegah kanker usus besar dan payudara.
  • Brokoli bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Dari masalah yang paling ringan. Brokoli mengandung nutrisi, fivonoid, dan serat. Seperti kita tahu bahwa serat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Dan serat pada brokoli dapat mencegah timbulnya konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan sembelit.
  • Penelitian terbaru dan lebih spesifik memberikan gambaran bahwa brokoli mampu menekan resiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan kanker perut.  
Memilih & Menyiapkan Brokoli
Memilih brokoli mudah saja. Secara kasat mata pilih yang kuntumnya hijau tua dan segar. Biasanya brokoli dijual berikut bonggolnya. Tekan bonggol ini dengan kuku, kalau masih cukup empuk, brokoli masih cukup muda dan tepat untuk dimasak. Bila ingin mencuci brokoli, sebaiknya Anda lakukan dengan mencucinya pada air kran yang dingin. Dan sebaiknya Anda jangan merendam brokoli karena zat aktif maupun nutrisinya dapat larut dalam air.

Namun perlu diperhatikan, sebaiknya Anda tak mengukus atau merebus brokoli lebih dari 5 menit 1 inchi di atas air mendidih. Karena kandungan sulforaphane bisa hilang bila brokoli terlalu lama dimasak. Dan perlu diketahui, kandungan sulforaphane dalam brokoli segar lebih tinggi dibanding pada brokoli yang direbus atau kukus terlalu matang.
belakangan ini gw lagi belajar menyukai si sayur gaul ini karena nyokap selalu bawel, gw jarang makan sayuran. makanya dengan susah payah gw mencari akal supaya gw suka dan mau memakan sayuran salah satunya yaitu brokoli.salah satu caranya adalah memakan brokoli dengan spicy mayonese dan menambahkan bakso. yummmyyyyyy
brokoli bakso mayonese ala nda




3 comentário:

achie said...

iihhhh apa rasanya ituuu brokoliii teh?? sayuran yg anehhh..

kukukotor said...

wah hilda asiiik, bisa masak sendiri, cihui!!

just ordinary nda said...

@achie: itu enak tauk de....... biar kurus :P

@kukukotor: hohohooho nanti ak bikinin buat kamu ya tamceeeeeeeeeee hehehehhe

Back to Top